Denver Development Stress Test (
DDST)
Pada Anak Usia 42 Bulan
1. Item Yang Berada Disebelah Kiri
Garis Usia
a. Sektor Personal Sosial
-
Memakai T- Shirt
-
Menyebut Nama Teman
-
Cuci Dan Mengeringkan Tangan
b. sektor
motorik halus adaptif
-
Menara Dari Enam Kubus
-
Meniru Garis Vertikal
-
Menara Dari Delapan Kubus
c.Sektor Bahasa
-
Mengetahui Dua Kegiatan
-
Menyebut Empat Gambar
-
Berbicara Sebagian Dimengerti
d.Sektor Motorik
Kasar
-
Berdiri Satu Kaki Satu Detik
-
Loncat Jauh
-
Melempar Bola Tangan Keatas
2. Item Yang Dilalui Garis Usia
a. Sektor
Personal Sosial
-
Mengambi Makanan
-
Gosok Gigi Tanpa Bantuan
-
Bermain Ular Tangga
-
Berpakaiaan Tanpa Bantuan
b.Sektor
Motorik Halus Adatif
-
Memilih Garis Yang Lebih Panjang
-
Mencontoh +
-
Menggambar Orang Tiga Bagian
-
Mencontoh 0
- Menggoyangkan
Ibu Jari
c.Sektor Bahasa
-
Mengetahui Tiga Kata Sifat
-
Mengartikan Lima Kata
-
Menyebut Empat Warna
-
Mengerti Empat Kata Depan
-
Mengetahui Empat Kegiatan
-
Kegunaan Tiga Benda
-
Menghitung Satu Kubus
-
Kegunaan Dua Benda
-
Menyebut Satu Warna
-
Mengerti Dua Kata Sifat
d.Sektor
Motorik Kasar
- Berdiri Satu Kaki Empat Detik
-
Berdiri Satu Kaki Tiga Detik
-
Melompat Dengan Satu Kaki
-
Berdiri Satu Kaki Dua Detik
3.Item Sebelah Kanan Garis Usia
a. Sektor
Personal Sosial
-
Tidak Ada
b. Sektor
Motorik Halus Adaptif
- Mencontoh Gambar Kubus Yang Ditunjukan
- Menggambar Orang
Enam Bagian
- Mencontoh Gambar Kotak Yang Ditunjukan
c.Sektor
Bahasa
-
Menghitung Delapan Kubus
-
Berlawanan Dua
-
Mengartikan Tujuh Kata
d. Sektor
Motorik Kasar
-
Berdiri Satu Kaki Lima Detik
-
Berjalan Tumit Kejari Kaki
-
Berdiri Satu Kaki Delapan Detik
Proses Pelaksanaan Pada Semua Item Yang di Lalui
Garis
Usia (42 Bulan) Pada Denver Development Stress Test ( DDST)
1. Sektor Personal
Sosial
A.Mengambil
Makanan
Petugas : Menyiapankan satu bumgkus makanan yaitu makanan
ringan (ciki)
petugas : Adek kakak punya ni, kakak punya ciki manis loch, adx mao ga?
Kalau mau sini ambil,, ayok cepetan nanti kakak makan loch.
Anak : Adeknya tersenyum, kemudian segera lari
mengambil ciki tersebut kemudaim bilang terimakasih. Lalu meminta ibunya untuk
mengupaskanya dan kemudian memakanya.
Hasil : (P)
B.Gosok Gigi
Tanpa Bantuan
Petugas : Menyiapakan pasta gigi
anak- anak yang rasa jeruk, sikat gigi dua buah
kusus anak – anak, air, dan gayung.
Petugas :Adek sayang sini kakak
mau tanya, adek kalau mandi biasanya gosok gigi ga? Hayooo….. hhe
Sekarang kita gosok gigi bareng- bareng yuk sama kakak, biar giginya putih. Nanti kalau
mau kakak kasih permen loch mau
ga…………..?
Anak : Anak mau menggosok gigi sendiri tanpa
dibantu, anak menggosok giginya hanya pada gigi bagian depan saja, dan
terkadang saat kumur airnya tertelan sedikit.
Hasil : (P)
C. Bermain Ular
Tangga
Petugas
: Menyiapakan permainan ular tangga
Petugas : Adek sini gich.. kakak
punya permainan bagus loh ada gambar ularnya, kita maen bareng yuk nanti yang
menang digendong…
Anak : Anak
tidak mengerti dan tidak bsa
menggunakan permainan ular tangga secara benar. Anak hanya memutar – mutar
gambarnya saja kemudian meninggalkanya.
Hasil : (F)
D.Berpakaiaan
Tanpa Bantuan
Petugas
: Menyiapkan baju kecil kemeja bewarna
merah
Petugas : Adek ini baju capa
ya…….? Boleh kakak minta ga? Kalau ga boleh dipake sekarang gih bajunya,
yang itu dilepas dulu…. Mau ga?
Anak : Anak tidak mau memakainya dan hanya diam
saja, anak asik bermain sendiri.
Hasil : (R)
2. Sektor Motorik
Halus Adaptif
A. Memilih
Garis Yang Lebih Panjang
Petugas : Petugas menyiapakn
gambar yang ada garisnya. Yang
garis panjang dikasih warna merah dan garis yang pendek warna hitam.
Petugas : Adek sini kakak mau tanya ni,,,,, kakak punya
gambar adek tau ga garis yang paling panjang yang mana?
Anak : Anak memilih garis yang warna merah (
panjang) sambil mengatakan ini bagus.
Hasil : (P)
B.Mencontoh +
Petugas
: Menyiapkan 1 buku gambar dan 2 pensil 1 penghapus
Petugas : Adek suka gambar ga? kita gambar bareng yuk? Coba adek
gambar seperti yang kakak gambar ini bisa ga? Coba gich nanti kalau bisa kakak
kasih ciki lagi adekan ganteng.
Anak :Anak tidak bisa menirukan gambar yang
dimaksud, anak menggambar garis – garis saja.
Hasil : ( F )
C.Menggambar
Orang Tiga Bagian
Petugas
: Menyiapkan 1 buku gambar dan 2 pensil 1 penghapus
Petugas :Adek suka menggambar
ga? kita gambar bareng yuk? Kita gambar
mata, telinga, sama mulut adek ya? ni jadinya gambarnya seperti ini, baguskan ?
coba kalau adek yang gambar gimana pasti lebih bagus?
Anak : Anak melakukan menggambar, sambil bermain
mainan lainya. dan hasil dari gambaranya sebuah coret – coretan saja
Hasil
: ( F )
D.Mencontoh 0
Petugas
: Menyiapkan 1 buku gambar dan 2 pensil 1 penghapus
Petugas : Hei,,,,,,,,,, adek udah
mandi belom ni,, kita bikin gambar lagi
yuk kaya kemaren, nanti alx bisa kakak belin es krim mau ga?kita sekarang gambar lingkaran ya?
Anak : Anak mau diajak menggambar bersama, anak
merasa bahagia, dan hasil gambarnya sebuah coret – coretan..
Hasil
: ( F )
E.Menggoyangkan
Ibu Jari
Petugas : Menciptakan suasana yang nyaman, dan mengajak
anak bermain sambil bernyayi.
Petugas : Adek liat gech, kita
joged yukz? Ibu jarinya digoyangin ya?
seperti punya kakak ni. Coba adek gimana goyangnya?
Anak : Anak mengikutinya dengan tersenyum
dan menggoyang – goyangkan ibu jarinya
sambil melompat – lompat.
Hasil : ( P )
3. Sektor Bahasa
A.Mengetahui
Tiga Kata Sifat
Petugas : Membuat suasana nyaman
dan kemudian mengajak anak untuk bermain.
Petugas : Adek kakak mu tanya ibu cantik apa jelek dek ? Trus bapak adek baik apa jahat ? ehm lalu kakak tia baik apa nakal
dek?
Anak : Anak
menjawab ibunya cantik, bapaknya jahat, kakaknya nakal
Hasil : (
P )
B. Mengartikan
Lima Kata
Petugas : Menyiapkan sebuah gambar
yang menunjukan orang yang sedang makan minum, mandi, tidur, dan mencuci
Petugas : Adek sini dung kakak mau
tanya ini gambar orang lagi ngapain ya?
adek tau ga?
Anak : Anak
: Anak mendekat dan melihat
gambarnya, lalu menjawab makan, minum, mandi tidur, dan mencuci, Sambil tertawa
melihat gambarnya, kemudian meminta gambar tersebut buat mainan.
Hasil : (
P )
C.Menyebut
Empat Warna
Petugas : Menyiapkan empat
buah bola kecil bewarna merah, kuning,
hijau, biru
Petugas : Adek ayok kita bermain bareng yuk? Kaka
punya bola banyak ni. Adek mau warna bola yag apa? Nanti kakak lemparin dech.
Anak : Anak mendekat dengan segera lalu anak
minta bola yang warna merah biru, dan bola yang lainya disebutnya dengan warna yang
salah, anaknya tersebut mengatakan warna hitam dan merah lagi. Kemudian anak
bermain dengan teman – temanya.
Hasil: ( F )
D.Mengerti
Empat Kata Depan
Petugas :Membuat suasana nyaman
dan tenang pada anak saat mengajak bermain.
Petugas :Adek kakak mau tanya
kalau ibu mencuci, duluan mencucui apa ibu, trus kalu nenek adek makan duluan
makam apa nenek, ? ehm trus kalau bapak
bekerja duluan bapak apa bekerja, satu
lagi kalau kakak tia naik sepeda duluan naik apa sepeda?
Anak :Anak hanya menjawab ibu mencuci, selain itu
anak tidak mau menjawab anak lebih asyik bermain dengan teman temanya.
Hasil : (P)
E.Mengetahui
Empat Kegiatan
Petugas :Menyiapkan gambar orang
yang sedang makan, minum, mencuci, dan mandi
Petugas :Adek sini kakak punya
gambar ni, gambarnya bagus cobak adek tebak ini gambar apa dari no 1 – 4 nanti
kalau bisa kakak gendong?
Anak :Anak menjawab sambil asyik bermain gambar
no 1, makan, no 2, minum, no 3 mencuci, dan no 4 mandi.
Hasil : (P)
F.Kegunaan
Tiga Benda
Petugas
: Menyiapkan piring, gelas, dan sendok
Petugas :Adek sini kakak mau tanya
kalau adek mau makan pake alat yang mana? Ehm kalau minum alatnya yang mana
coba?
Anak :Anak mengambil sendok dan piring utuk
makan, dan mengambil gelas untuk minum.
Hasil :(P)
G.Menghitung satu
kubus
Petugas
:Menyiapkan permainan kotak berbentuk kubus.
Petugas
:Adek kakak punya mainan ni, kita hitung yuk? Ini ad berapa?
Hayo….
Anak :Anak
menjawab satu
Hasil :(P)
H.Kegunaan Dua
Benda
Petugas
:Menyiapkan piring dan gelas
Petugas :Adek kalau mau makan pake
yang mana? Trus kalau mau minum pake yang mana sayang?
Anak :Anak memilih piring untuk makan, dan
gelas untuk minum
Hasil :(P)
I.Menyebut
Satu Warna
Petugas
:Menyiapkan balon bewarna merah.
Petugas :Adek sini kakak kash
balon, adek balonya ini warna apa adek tau ga?
Anak :Anak berlari mengambil balon sambil
tersenyum kemudian bilang warna merah
Hasil (P)
J.Mengerti Dua
Kata Sifat
Petugas
: Menyiapkan mobilan dan boneka
Petugas :Adek sayang lagi ngapain?
Adek mobilan ini bagus atau jelek? Trus bonekanya cantik apa jelek juga dek?
Anak :Anak menjawab mobilanya bagus dan bonekanya
jelek, kemudian meminta mainanya ntuk bermain dengan teman- teman
Hasi
l :(P)
4.Sektor Motorik Kasar
A. Berdiri Satu
Kaki Empat Detik
Petugas :Membuat suasana yang
nyaman dan mengajak anak untuk bermain
Petugas :Adek ikutin kakak ne,
kakak mau berdiri dengan satu kaki, ehm adek bisa ga? Gimana kakak pengen liat
ni….?
Anak :Anak
sambil tertawa kemudian menirukanya selama 2 detik lalu menurunkan kakinya.
Hasil :
(F)
B.Berdiri Satu
Kaki Tiga Detik
Petugas
: Membuat suasana anak senang dan nyaman dalam bermain
Petugas :Adek ayok ikutin gaya
kakak, kakak berdiri dengan satu kaki ni, nanti yang paling lama dapat permen
loch mau ga?
Anak :Anak
mengikutinya sambil tertawa, dan bisa berdiri dengan satu kaki selama 3 detik
lebih
Hasil ( P)
C.Melompat
Dengan Satu Kaki
Petugas :Membuat suasana anak
senang, dan merasa nyaman dalam bermain denga bola.
Petugas :Adek ayok kita lemparin
bolanya keatas, kita melompat dengan satu kaki, seperti ini adek bisa ga?
Anak
:Anak melemparkan bolanya tetapi tidak
melompat
Hasil
:(F)
D. Berdiri Satu
Kaki Dua Detik
Petugas :Menciptakan suasana yang
senang dan nyaman untuk anak bermain.
Petugas :Adek ikutin kakak ni,
kakak berdiri satu kaki, kalau adek bisa besok kakak beliin balon lagi mau ga?
Kalau mau coba gich?
Anak :Anak mengikutinya kemudian berdiri dengan
satu kaki lamanya 3 detik sambil badanya bergoyang – goyang.
Hasil :(P)
HASIL AKIR DENVER DEVELOPMENT
STRES TEST ( DDST)
1. Penilaian Keseluruhan Hasil
Test Pada Anak Usia 42 Bulan Sesuai Dengan Garis Yang Terkena Pada Usia ,
Dinyatakan Bawa Anak Tersebut Normal, Pada Setiap Garis Yang Mengenai Blok
Hijau Anak Selalu Bisa Melakukanya Dengan Baik.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking