Donderdag 23 Mei 2013

Denver Development Stress Test ( DDST) Pada Anak Usia 42 Bulan



Denver Development Stress Test ( DDST)
Pada Anak Usia 42 Bulan

1. Item Yang Berada Disebelah Kiri Garis Usia
 a. Sektor Personal Sosial   
- Memakai T- Shirt
- Menyebut Nama Teman
- Cuci Dan Mengeringkan Tangan
b. sektor motorik halus adaptif
- Menara Dari Enam Kubus
- Meniru Garis Vertikal
- Menara Dari Delapan Kubus
c.Sektor Bahasa
- Mengetahui Dua Kegiatan
- Menyebut Empat Gambar
- Berbicara Sebagian Dimengerti
d.Sektor Motorik  Kasar
- Berdiri Satu Kaki Satu Detik
- Loncat Jauh
- Melempar Bola Tangan Keatas
2. Item Yang Dilalui Garis Usia
a. Sektor Personal Sosial
- Mengambi Makanan
- Gosok Gigi Tanpa Bantuan
- Bermain Ular Tangga 
- Berpakaiaan Tanpa Bantuan
b.Sektor Motorik Halus Adatif
- Memilih Garis Yang Lebih Panjang
- Mencontoh +
- Menggambar Orang Tiga Bagian
- Mencontoh 0
- Menggoyangkan Ibu  Jari
c.Sektor Bahasa
- Mengetahui Tiga Kata Sifat
- Mengartikan Lima Kata
- Menyebut Empat Warna
- Mengerti Empat Kata Depan
- Mengetahui Empat Kegiatan
- Kegunaan Tiga  Benda
- Menghitung Satu Kubus
- Kegunaan Dua Benda
- Menyebut Satu  Warna
- Mengerti Dua Kata Sifat
d.Sektor Motorik Kasar
 - Berdiri Satu Kaki Empat Detik
- Berdiri Satu Kaki Tiga Detik
- Melompat Dengan Satu Kaki
- Berdiri Satu Kaki Dua Detik

3.Item  Sebelah Kanan Garis Usia
a. Sektor Personal Sosial
- Tidak Ada
b. Sektor Motorik Halus Adaptif
- Mencontoh  Gambar Kubus Yang Ditunjukan
- Menggambar Orang Enam Bagian
- Mencontoh Gambar  Kotak Yang Ditunjukan
c.Sektor Bahasa
- Menghitung Delapan Kubus
- Berlawanan Dua
- Mengartikan Tujuh Kata
d. Sektor Motorik Kasar
- Berdiri Satu Kaki Lima Detik
- Berjalan Tumit Kejari Kaki
- Berdiri Satu Kaki Delapan Detik



















Proses Pelaksanaan  Pada Semua Item Yang di Lalui
Garis Usia (42 Bulan) Pada Denver Development Stress Test ( DDST)

1. Sektor Personal Sosial
A.Mengambil Makanan
Petugas : Menyiapankan satu bumgkus makanan yaitu makanan ringan (ciki)
petugas : Adek  kakak punya  ni, kakak punya ciki manis loch, adx mao ga? Kalau mau sini ambil,, ayok cepetan nanti kakak makan loch.
Anak  : Adeknya tersenyum, kemudian segera lari mengambil ciki tersebut kemudaim bilang terimakasih. Lalu meminta ibunya untuk mengupaskanya dan kemudian memakanya.
Hasil    :  (P)
B.Gosok Gigi Tanpa Bantuan
Petugas : Menyiapakan pasta gigi anak- anak yang rasa jeruk, sikat gigi dua buah  kusus anak – anak, air, dan gayung.
Petugas :Adek sayang sini kakak mau tanya, adek kalau mandi biasanya gosok gigi ga? Hayooo….. hhe
Sekarang kita gosok gigi bareng- bareng yuk  sama kakak, biar giginya putih. Nanti kalau mau kakak kasih permen loch  mau ga…………..?
Anak  : Anak mau menggosok gigi sendiri tanpa dibantu, anak menggosok giginya hanya pada gigi bagian depan saja, dan terkadang saat kumur airnya tertelan sedikit.
Hasil  : (P)
C. Bermain Ular Tangga 
Petugas : Menyiapakan permainan ular tangga
Petugas : Adek sini gich.. kakak punya permainan bagus loh ada gambar ularnya, kita maen bareng yuk nanti yang menang digendong…
Anak   : Anak  tidak mengerti dan tidak  bsa menggunakan permainan ular tangga secara benar. Anak hanya memutar – mutar gambarnya saja kemudian meninggalkanya.
Hasil     : (F)
D.Berpakaiaan Tanpa Bantuan
Petugas  : Menyiapkan baju kecil kemeja bewarna merah
Petugas : Adek ini baju capa ya…….?  Boleh kakak minta ga?  Kalau ga boleh dipake sekarang gih bajunya, yang itu dilepas dulu…. Mau ga?
Anak  : Anak tidak mau memakainya dan hanya diam saja, anak asik bermain sendiri.
Hasil    : (R)

2. Sektor Motorik Halus Adaptif
A. Memilih Garis Yang Lebih Panjang
Petugas : Petugas menyiapakn gambar yang ada garisnya.  Yang garis  panjang dikasih warna merah  dan garis yang  pendek warna hitam.
Petugas :  Adek sini kakak mau tanya ni,,,,, kakak punya gambar adek tau ga garis yang paling panjang yang mana?
Anak  : Anak memilih garis yang warna merah ( panjang) sambil mengatakan ini bagus.
Hasil      : (P)
B.Mencontoh   +
Petugas : Menyiapkan 1 buku gambar dan 2 pensil 1 penghapus
Petugas : Adek suka  gambar ga? kita gambar bareng yuk? Coba adek gambar seperti yang kakak gambar ini bisa ga? Coba gich nanti kalau bisa kakak kasih ciki lagi adekan ganteng.
Anak  :Anak tidak bisa menirukan gambar yang dimaksud, anak menggambar garis – garis saja.
Hasil        : ( F )
C.Menggambar Orang Tiga Bagian
Petugas : Menyiapkan 1 buku gambar dan 2 pensil 1 penghapus
Petugas :Adek suka menggambar ga?  kita gambar bareng yuk? Kita gambar mata, telinga, sama mulut adek ya? ni jadinya gambarnya seperti ini, baguskan ? coba kalau adek yang gambar gimana pasti lebih bagus?
Anak   : Anak melakukan menggambar, sambil bermain mainan lainya. dan hasil dari gambaranya sebuah coret – coretan saja
Hasil  :  ( F )
D.Mencontoh 0
Petugas : Menyiapkan 1 buku gambar dan 2 pensil 1 penghapus
Petugas : Hei,,,,,,,,,, adek udah mandi belom ni,,  kita bikin gambar lagi yuk kaya kemaren, nanti alx bisa kakak belin es krim mau ga?kita sekarang  gambar lingkaran ya?
Anak  : Anak mau diajak menggambar bersama, anak merasa bahagia, dan hasil gambarnya sebuah coret – coretan..
Hasil :  ( F )
E.Menggoyangkan Ibu  Jari
Petugas :  Menciptakan suasana yang nyaman, dan mengajak anak bermain sambil bernyayi.
Petugas : Adek liat gech, kita joged yukz? Ibu jarinya digoyangin ya?  seperti punya kakak ni. Coba adek gimana goyangnya?
Anak   : Anak mengikutinya dengan tersenyum dan  menggoyang – goyangkan ibu jarinya sambil melompat – lompat.
Hasil        : ( P )

3. Sektor Bahasa
A.Mengetahui Tiga Kata Sifat
Petugas : Membuat suasana nyaman dan kemudian mengajak anak untuk bermain.
Petugas :  Adek kakak mu tanya ibu cantik apa jelek  dek ? Trus bapak adek baik  apa jahat ? ehm lalu kakak tia baik apa nakal dek?
Anak      : Anak  menjawab ibunya cantik, bapaknya jahat, kakaknya nakal
Hasil      : ( P )
B. Mengartikan Lima Kata
Petugas : Menyiapkan sebuah gambar yang menunjukan orang yang sedang makan minum, mandi, tidur, dan mencuci
Petugas : Adek sini dung kakak mau tanya ini gambar orang lagi ngapain  ya? adek tau ga?
Anak  : Anak  :   Anak mendekat dan melihat gambarnya, lalu menjawab makan, minum, mandi tidur, dan mencuci, Sambil tertawa melihat gambarnya, kemudian meminta gambar tersebut buat mainan.
Hasil     : ( P )
C.Menyebut Empat Warna
Petugas : Menyiapkan empat buah  bola kecil bewarna merah, kuning, hijau, biru
Petugas  : Adek ayok kita bermain bareng yuk? Kaka punya bola banyak ni. Adek mau warna bola yag apa? Nanti kakak lemparin dech.
Anak     : Anak mendekat dengan segera lalu anak minta bola yang warna merah biru, dan bola yang lainya disebutnya dengan warna yang salah, anaknya tersebut mengatakan warna hitam dan merah lagi. Kemudian anak bermain dengan teman – temanya.
Hasil:  ( F )

D.Mengerti Empat Kata Depan
Petugas :Membuat suasana nyaman dan tenang pada anak saat mengajak bermain.
Petugas :Adek kakak mau tanya kalau ibu mencuci, duluan mencucui apa ibu, trus kalu nenek adek makan duluan makam apa nenek, ?  ehm trus kalau bapak bekerja duluan bapak apa bekerja,  satu lagi kalau kakak tia naik sepeda duluan naik apa sepeda? 
Anak   :Anak hanya menjawab ibu mencuci, selain itu anak tidak mau menjawab anak lebih asyik bermain dengan teman  temanya.
Hasil   :  (P)
E.Mengetahui Empat Kegiatan
Petugas :Menyiapkan gambar orang yang sedang makan, minum, mencuci, dan mandi
Petugas :Adek sini kakak punya gambar ni, gambarnya bagus cobak adek tebak ini gambar apa dari no 1 – 4 nanti kalau bisa kakak gendong?
Anak      :Anak menjawab sambil asyik bermain gambar no 1, makan, no 2, minum, no 3 mencuci, dan no 4 mandi.
Hasil      : (P)
F.Kegunaan Tiga  Benda
Petugas : Menyiapkan piring, gelas, dan sendok
Petugas :Adek sini kakak mau tanya kalau adek mau makan pake alat yang mana? Ehm kalau minum alatnya yang mana coba?
Anak    :Anak mengambil sendok dan piring utuk makan, dan mengambil gelas untuk minum.
Hasil     :(P)
G.Menghitung satu kubus
Petugas :Menyiapkan permainan kotak berbentuk kubus.
Petugas :Adek kakak punya mainan ni, kita hitung yuk? Ini ad berapa?
Hayo….
Anak    :Anak menjawab satu
Hasil   :(P)
H.Kegunaan Dua Benda
Petugas :Menyiapkan piring dan gelas
Petugas :Adek kalau mau makan pake yang mana? Trus kalau mau minum pake yang mana sayang?
Anak     :Anak memilih piring untuk makan, dan gelas untuk minum
Hasil      :(P)
I.Menyebut Satu  Warna
Petugas :Menyiapkan balon bewarna merah.
Petugas :Adek sini kakak kash balon, adek balonya ini warna apa adek tau ga?
Anak    :Anak berlari mengambil balon sambil tersenyum kemudian bilang warna merah
Hasil      (P)
J.Mengerti Dua Kata Sifat
Petugas : Menyiapkan mobilan dan boneka
Petugas :Adek sayang lagi ngapain? Adek mobilan ini bagus atau jelek? Trus bonekanya cantik apa jelek juga dek?
Anak   :Anak menjawab mobilanya bagus dan bonekanya jelek, kemudian meminta mainanya ntuk bermain dengan teman- teman
Hasi l     :(P)
4.Sektor Motorik Kasar
A. Berdiri Satu Kaki Empat Detik
Petugas :Membuat suasana yang nyaman dan mengajak anak untuk bermain
Petugas :Adek ikutin kakak ne, kakak mau berdiri dengan satu kaki, ehm adek bisa ga? Gimana kakak pengen liat ni….?
Anak     :Anak sambil tertawa kemudian menirukanya selama 2 detik lalu menurunkan kakinya.
Hasil     : (F)
B.Berdiri Satu Kaki Tiga Detik
Petugas : Membuat suasana anak senang dan nyaman dalam bermain
Petugas :Adek ayok ikutin gaya kakak, kakak berdiri dengan satu kaki ni, nanti yang paling lama dapat permen loch mau ga?
Anak    :Anak mengikutinya sambil tertawa, dan bisa berdiri dengan satu kaki selama 3 detik lebih
Hasil     ( P)
C.Melompat Dengan Satu Kaki
Petugas :Membuat suasana anak senang, dan merasa nyaman dalam bermain denga bola.
Petugas :Adek ayok kita lemparin bolanya keatas, kita melompat dengan satu kaki, seperti ini adek bisa ga?
Anak    :Anak melemparkan bolanya tetapi tidak melompat
Hasil   :(F)
D. Berdiri Satu Kaki Dua Detik
Petugas :Menciptakan suasana yang senang dan nyaman untuk anak bermain.
Petugas :Adek ikutin kakak ni, kakak berdiri satu kaki, kalau adek bisa besok kakak beliin balon lagi mau ga? Kalau mau coba gich?
Anak    :Anak mengikutinya kemudian berdiri dengan satu kaki lamanya 3 detik sambil badanya bergoyang – goyang.
Hasil     :(P)











HASIL AKIR DENVER DEVELOPMENT STRES TEST ( DDST)

1. Penilaian Keseluruhan Hasil Test Pada Anak Usia 42 Bulan Sesuai Dengan Garis Yang Terkena Pada Usia , Dinyatakan Bawa Anak Tersebut Normal, Pada Setiap Garis Yang Mengenai Blok Hijau Anak Selalu Bisa Melakukanya Dengan Baik.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking